Arti Kata ODGJ dan Contoh Penggunaan

Arti kata ODGJ

Akhir akhir ini kata ODGJ viral karena mantan mentalist terbaik dunia sekaligus youtuber Deddy Courbuzier terkena somasi oleh puluhan komunitas dan organisasi.

Ia disomasi karena videonya dengan mongol yang menyebut orang gila tidak kena covid. Lantas hal ini menimbulkan banyak pertanyaan, mengapa kok bisa disomasi, emang om deddy salah apa?. Oke, cukup basa nasinya, yuk kita bahas apa itu ODGJ.

ODGJ adalah singkatan dari Orang Dengan Gangguan Jiwa, maksudnya orang ini punya penyakit dengan mental, seperti kurang waras dan semacamnya.

ODGJ awalnya adalah kata untuk menggantikan pengucapan Orang gila, dan orang pengidap penyakit yang semacamnya. Jadi, kita tak boleh lagi menyebutkan orang gila, melainkan harus ODGJ.

Tetapi sampai saat ini saya juga belum mengerti, apakah orang yang mengidap depresi, bipolar, OCD dan lainnya juga dikategorikan dengan ODGJ. Karena hal tersebut juga berkaitan dengan penyakit mental.

Satu kalimat yang bisa gue bilang. "Ada ada saja negeriku ini. Hobi banget bikin repot dan bikin singkatan singkatan. Mulai dari kafir menjadi nonton muslim, cacat menjadi difabel, dan lain sebagainya.

Contoh penggunaan kata ODGJ

A : bro, kedai lu kok ganti nama? 
B : Iya bro takut disomasi gue, Nama kedai gue kan Nasi goreng gila, ntar gue disomasi lagi. 
A : Aman bro, yang tidak boleh itu penyebutan ke orang, bukan benda. 
B : Oh gitu ya bro, tapi tetep aja masih takut gue. 

Candaan yang sering kita lakukan dulu seperti 'Emang gila lu ye', gile lu ndroo, kayanya udah ga bisa disebutin lagi sekarang, takut kena somasi atau lebih parahnya ditangkap polisi, ihh takutttt...

Oke deh, terimakasih sudah membaca, semoga membantu dan sedikit menambah wawasan .

Belum ada Komentar untuk "Arti Kata ODGJ dan Contoh Penggunaan "

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel