SKY Castle itu harusnya 4 universitas, bukan tiga! @Kampus Korea

Realitas Sky Castle di Mata Masyarakat Korea


Oh ia btw, bagi yang sering banget ke blog ini nunggu update. Maaf banget udah hampir 3 bulan ga update, antara lagi sibuk dicampur rasa malas yang berlebihan. 

Ngga seperti biasanya yang berbagi tentang kata umum dalam bahasa korea dan cara penggunannya (yang banyak dicopy blogger tak bertanggung jawab dan dipercaya google dan pengunjung sebagai pembuat original). Tetapi ya sudahlah ya.. cukup curhatnya wkwkwk

Pasti yang datang ke blog ini mencari keyword : Sky caslte, tentu udah kepincut duluan dengan drama korea 'Sky Castle' Yang ditayangkan Stasiun Tv JTBC pada beberapa tahun lalu. Buat yang belum sempat nonton atau ga niat nonton, gue kasih tau garis besarnya deh.

Drama SKY castle bercerita tentang beberapa anak yang tinggal di Komplek Elit dan punya orang tua yang ambisius untuk memasukkan anak mereka ke universitas SKY dengan cara apapun. Sehingga anak anak mereka menjadi terbebani dengan ambisi orang tua mereka. *oke keutt sampai disini*

SKY adalah singkatan dari Seoul, Korea, Yonseei University. Sebenarnya selain universitas ini, ada satu universitas lagi yang hampir sama bagusnya

1. Seoul National University (SNU)


SNU ( *Es en yu ) adalah Main plot dalam cerita sky caslte, berbagai 'rumor' untuk masuk SNU pun mulai dijadikan drama. Mulai dari harus ranking 1 umum berturut turut disekolah dan nilai yang terus meningkat.

Maka dari itu, jika ngebanggain prestasi yang selalu ranking 1 di SMA dahulu di SNU, dianggap biasa. Karena hampir seluruh siswanya, semua mengalami hal yang sama.

SNU adalah pemilik perpustakaan terbesar di Korea, dengan jumlah 5 juta buku lebih dan terus bertambah. *Nah kebayangkan gimana besarnya*. Ada satu hal yang ngebuat universitas ini dihormati dan disegani masyarakat korea, yaitu para siswanya ngga pernah berhenti memikirkan belajar.

SNU
Btw ini cuma sebagian kecil luasnya SNU


Sehingga cafe, kantin disekitar wilayah SNU itu buka 24 jam dan tidak pernah sepi alias selalu penuh pada jam malam.

Lulusan dari SNU yang paling dikenal, ialah... *bunyi drum drrrdrdrdrdr* Lee Soo Man, pendiri raksasa agensi K -Pop SM Entertaiment dan pertama yang mendidik dan mengeluarkan banyak artis berbakat yang mendunia untuk pertama kali.

Ada lagi bang si-hyuk , yang  banyak memproduseri album musik K-pop yang hampir seluruhnya terkenal, dia juga yang paling banyak memproduseri Album musik Boyband BTS, sehingga dikenal oleh fans internasional sebagai Bang-hitman ( Bang, si pembuat album musik hit)

2. KAIST ( Korean advance institute of science and technology)


Kaist ( Kais ) atau diartikan sebagai Institut sains dan teknologi Korea tingkat atas -pen . 

Lulusan dari sini hampir sama dihargainya dengan Lulusan SNU , tetapi bedanya, lulusan KAIST sangat terkenal dalam kemampuan intelektual mereka dalam bidang sains, dan semua hal yang berkaitan dengan teknologi dan internet. Bahkan Kampus ini dicatat sebagai kampus ke 7 Paling inovatif di dunia pada tahun 2017. Mengalahkan 3 kampus superior lain di korea.

KAIST


Dari Alumni kampus ini, banyak yang menjadi ilmuan dan super ahli dalam teknologi, walaupun jarang yang kita kenal dalam lingkup artis korea sendiri. karena kebanyakan major dari mata kuliah disana adalah engineering , science, technology, sesuai namanya

Memang pada awalnya di tahun 1971, KAIST merupakan lembaga pendidikan yang berorientasi pada penelitian,dan mempunyai anggaran tersendiri dari negara. Karena itu mahasiswa KAIST tidak membayar uang sekolah hingga tamat. Tertarik?

3. Korea University


Kalau SNU terkenal dengan budaya, KAIST dengan teknologi, maka universitas korea sangat terkenal dalam bidang hukum. Disebutkan dibeberapa website kredibel korea, bahwa sebagian besar tamatan korea university adalah pengacara, jaksa, dokter, dan atlit.

Universitas korea
oia.korea.ac.kr


Atlit universitas korea sering kali menjadi Rival dari universitas yonsei. Salah satu atlit dari Korea university, adalah Yuna Kim. Atlit figure skating yang kerap kali memenangkan gold medal dalam olympic dan Sea games yang tentu menjadi kebanggan masyarakat korea.


4. Yonsei University

Yonsei (Yonsey) merupakan universitas terakhir yang dijadikan sebagai favorit oleh lulusan sma di korea, Eitss tapi sayangnya hanya 5 dari 100 siswa, alias hanya 5 persen dari jumlah pendaftar yang diterima ke yonsei.

Universitas ini juga memiliki sejarah yang paling panjang dari universitas lainnya, mulai dari tahun 1885, yonsei awalnya merupakan sekolah kedokteran yang mempelajari serta mempraktekkan pengobatan ala barat di korea.

universitas Yonsei
Yonsei.ac.kr

Kalau yang sering menghabiskan waktu menonton 'Aneun Hyungnim / Knowing brother, secara gretongan download, atau nonton langsung di Netflix, familiar lah dengan sosok Seo Jang hoon. Dia sukses lewat tim grup basket yonsei sebagai salah satu pebasket terbaik korea saat itu, yang dikenal dunia. 

Ia juga pernah menyumbangkan 150 juta won (setara 1,5 miliar rupiah) ke Universitas Yonsei untuk membantu mahasiswa pintar yang kekurangan secara materi dan tentu saja sebagai rasa terima kasihnya.

Selain itu, ada tamatan lain seperti Go Bon-moo yang menjadi Hoejang / pemimpin perusahaan LG, yang namanya kerap kali terpampang dalam majalah forbes.

Fakta menarik tentang SKY university


-Oh ia, nomor diatas adalah Nomor urutan universitas berdasarkan Ranking universitas dunia.  Terkadang KAIST mengalahkan SNU dalam segi ranking universitas di asia loh. anw, ini berdasarkan rank 2020 di bulan juni. Bisa jadi berubah seiring waktu.

- Terkadang ada anggapan di korea bahwa ' Kalo ga masuk universitas SKY, siap punya hidup yang menyebalkan'

Anggapan ini 80 persen benar, karena Fresh graduate dari 4 universitas diatas sangat dihormati dan mudah sekali membuat orang terkagum hanya dengan menunjukkan kartu identitas mahasiswa kita. Dan tentunya sangat mudah untuk mencari pekerjaan di perusahaan ternama korea, karena biasanya ada nilai tambah yang diberikan, daripada lulusan universitas lain.

- SKY bukan hanya kampus impian bagi rakyat korea saja, tetapi bagi lulusan anak SMA di dunia. Selain karena kecintaan pada bahasa korea,budaya,drama dan K-Pop, universitas diatas merupakan top 20 di asia, dan top 80 di Dunia. Jadi merupakan kebanggan yang luar biasa untuk belajar disana. 

- KAIST tidak termasuk referensi kata SKY dalam benak masyarakat korea(catet), tetapi lulusan kaist sama dihormatinya seperti 3 universitas lain.

- KAIST adalah universitas yang paling susah untuk mendapatkan kelulusan, bahkan ada rumor dan berbagai fakta bahwa mahasiswa dan bahkan beberapa profesor yang bunuh diri karena stress.

- Mengapa berlomba" masuk SKY? Jawabannya simple,  Universitas menjadi Penentu kesuksesan karir seseorang (di dunia perusahaan) dan pengangkat drajat (status sosial) dimata masyarakat korea. 

- Saat ini (juni 2020), universitas seoul mendapat ranking ke 37 , KAIST rank 39 , Korea university di angka 69 , sedangkan yonsei di ranking 85. Menurut riset QS ranking universitas dunia.

Anyway,, ada yang tertarik ga ya buat masuk 1 dari 4 universitas diatas. Dan seberapa yakin kalian bisa masuk dan beradaptasi di lingkungan belajar disana? 

Oh ia, jangan lupa share nya ya.. biar kalaupun di copy website lain. Website arti-katamu.blogspot.com semoga masih eksis di pencarian google kedepannya. Cheers :)

Belum ada Komentar untuk "SKY Castle itu harusnya 4 universitas, bukan tiga! @Kampus Korea "

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel