Pengertian Feodalisme : Sistem Politik yang ditinggalkan

Arti Feodalisme


Feodalisme adalah sebuah sistem dimana kalangan bangsawan mampu bekerja sama dengan para penguasa (pemimpin) untuk mengendalikan suatu wilayah tertentu yang ia kuasai.

Menurut gue, alias dalam bahasa mudahnya, Feodalis adalah sistem politik dimana orang yang punya kuasa akan memengaruhi dan mengontrol kehidupan para orang rendahan. Lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah :

Ilustrasi Feodalisme
Ilustrasi sekaligus Pengertian Feodalisme

Hal tersebut sesuai dengan zaman dahulu di eropa, ketika para Pemimpin/Raja mengontrol kehidupan bangsawan dan bangsawan akan mengontrol kehidupan orang yang berada dalam ruang lingkupnya (ksatria), dan seterusnya..
Contoh mudah Feodalisme

Contoh diatas adalah ilustrasi feodalisme, Ia bukan mengontrol dalam artian memberikan undang undang saja, tetapi bisa juga mengontrol dalam arti paksaan mengikuti keinginan pribadi si penguasa. Pada masanya, sistem itu membuat para pemilik lahan bebas mengatur kehidupan para pekerja alias budak mereka.

Masyarakat eropa saat itu, dikenal sebagai Feodal Society (masyarakat Feodal), dan buku dengan judul yang sama diterbitkan oleh Marc Bloch di tahun 1939 yang sampai saat ini menjadi buku untuk studi lanjutan tentang sistem feodal.

Penyebutan Feodalisme


Feodalisme dalam buku bahasan politik ataupun dalam bahasa inggris sering disebutkan sebagai Feodalism ataupun Feudalism serta Medieval Feodalism (Feodalisme pertengahan). Ini disebabkan karena sistem politik ini berlaku dari abad ke-9 hingga abad ke-15 di Eropa.

Catatan : Sistem Feodalisme berakhir pada abad 15 tepatnya pada tahun 1400 M , dan uniknya masyarakat pada saat itu tidak pernah menggunakan istilah feodalisme. Istilah ini muncul beberapa abad setelahnya.

Feodal berasal dari bahasa latin pertengahan 'Feudalis'  dan berhubungan dengan kata Feodary, yang artinya Seseorang yang memegang tanahnya si Tuan tanah dengan imbalan layanan tertentu.

Feodalisme dalam Politik Indonesia


Kata Feodalisme kerap kali muncul pada saat pemilihan umum berlangsung, baik itu Pemilihan presiden, kepala daerah, walikota maupun gubernur. Kata ini selalu berkonotasi negatif dan membuat ngeri masyarakat yang mendengar.

Wikipedia Id menjelaskan bahwa Feodalisme di Indonesia digunakan pada politik yang kotor, kolot, dan sering disematkan pada penguasa yang zalim. Padahal, seperti yang dijelaskan diatas, Feodal punya makna yang jauh berbeda.

Rocky gerung sebagai Oposisi dan Ahli Filsafat, juga kerap kali mengomentari dan berkritik tentang bagaimana negara Indonesia ini perlahan mengarah pada sistem feodal, hal ini bisa dilihat dari beberapa komentarnya di forum politik seperti ILC dan kuliahnya.

Pengertian Feodalisme ala Rocky Gerung


Nah, ia juga memberikan Pengertian Feodalisme dengan bahasa yang mudah dipahami. Saat itu ada akun Twitter yang bertanya pada Rocky gerung ' Feodal ini apa sih prof, masih kurang mudeng saya' , Rocky pun lantas menjawabnya

"Feodal itu menyingkirkan kolega demi menghamba pada atasan. Ingin kuasa tapi budak, itu paradoksnya!
Gimana? Sekarang apa sudah lebih faham tentang pengertian feodalisme, atau malah makin bingung?. Kalau masih bingung, pengertian menurut rocky gerung kalau difikirkan baik baik punya pengertian yang mencakup feodalisme, terutama kalimat 'Ingin kuasa, tapi budak'.  Thanks sudah membaca.

Sumber sumber : 

[https://twitter.com/rockygerung]
[https://id.wikipedia.org/wiki/Feodalisme]
[https://en.wikipedia.org/wiki/Feudalism]
https://www.vocabulary.com/dictionary/feudalism

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Feodalisme : Sistem Politik yang ditinggalkan"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel