Penjelasan Arti kata Tabarruj Oleh Ustad Adi Hidayat

Tabarruj sering menjadi topik pembicaraan di era modern ini, tetapi Apa itu Tabarruj dan Arti Tabarruj yang sebenarnya?.

Apa itu Tabarruj


Tadinya saya ingin menerangkan menurut pemahaman sendiri dan secara garis umum dalam bahasa arab saja, tetapi ternyata sudah ada ustad Adi Hidayat yang telah menjelaskan hal ini panjang x lebar dan Luar biasa Mantap. Maka saya akan merujuk kepada penjelasan beliau.



Sebelum menjelaskan arti Tabarruj, Ustad Adi hidayat membacakan Surah al Ahzab ayat 4 yang artinya :

Dan  hendaklah  kamu  (perempuan) tetap  di rumahmu, dan janganlah kamu berhias dan bertingkah  laku  seperti  orang-orang  Jahiliah terdahulu

Lebih lanjut ustad Adi mentafsirkan : Duhai perempuan muslimah, menetaplah dirumahmu,Sukai aktifitas rumahmu Kalau ayat ini berhenti disini, artinya Perempuan tak boleh keluar rumah. Tetapi ayat ini masih koma, alias belum selesai. dan dilanjutkan dengan

Wala tabarrujna tabarrujal Jaahiliyyatil uula - tidak mengapa jika ingin keluar, tapi jangan sampai ketika keluar rumah, engkau melakukan Tabarruj seperti tabarrujnya orang jahiliyah dahulu.

Lalu Apa itu Tabarruj ? Ustad adi menjawab dengan pengertian istilah arab, yaitu An-tazayyanat al-mar'atu wa azharat mahaasinahunna wahuliyyatahunna ghaira mu'uulatihinna.

Yang artinya : Tabarruj ialah Berhiasnya seorang perempuan bagi dirinya , Dan berhiasnya itu ditujukan untuk (Sengaaja) memperlihatkan yang indah indah pada dirinya dan yang nampak istimewa pada dirinya untuk diperlihatkan kepada yang bukan mahramnnya.

Jadi Tabarruj boleh dilakukan jika untuk Mahram, contohnya Suami.. Tapi bukan Suami orang. hahaha . Jadi kalau kita berhias untuk dilihat orang lain, ini namanya Tabarruj.

Lanjut, bahwa Apa yang dimaksud bagian istimewa dan indah dalam diri perempuan ? Para ulama sepakat bahwa umumnya, masyarakat jahiliah dahulu menampakkan bagian kepala mereka, termasuk Paras (wajah) rambut dan lainnya.

Mengapa? karena pada umumnya, puncak keindahan seorang wanita adalah wajahnya. Maka dari itu orang umumnya membedakan Wanita cantik melalui wajahnya.

Dan kalau bagian wajahnya kurang menarik, maka ia akan menghiasi bagian tubuhnya yang lain, Misalnya gelang tangan dan kaki (yang berbunyi) untuk menarik perhatian orang lain.

Dan tabarruj yang terakhir ialah orang yang membuka auratnya didaerah dan area tertentu agar indah dan bisa kelihatan orang lain.

Ustad adi melanjutkan : Yang begitu gitu (tabarruj) udah ketingalan jauh, Sudah kuno BANGET , dan bukan modern. Modern itu kan kekinian, kalau jahiliah itu pra islam yaitu 16 abad setengah tahun lalu. Jadi kalau ada orang yang begitu, ia bukan modern, melainkan lebih dari kuno. (karena mengikuti gaya hidup jahiliyah)

Baca juga Artikel terkait Tabarruj:



Bolehkah laki laki tabarruj?


Dengan Sarkasme, Ustad adi menjawab ' yang perempuan aja dilarang, maka lebih aneh lagi jika lelaki melakukan tabarruj. Eh perempuan aja dilarang malah laki laki ikut tabarruj.

Contoh lelaki Tabarruj

oke, bagi yang belum tau, arti-katamu adalah blog Bahasa, bukan blog agama. Jadi pembahasan saya mengupas Tabarruj dalam arti bahasa telah selesai, Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel blog ini...

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Arti kata Tabarruj Oleh Ustad Adi Hidayat"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel