Apa itu ASMR? Berikut arti ASMR, Macam dan Manfaatnya

Apa itu ASMR ? Yuk cari tau arti ASMR, macam macamnya serta manfaat ASMR yang mungkin belum kita ketahui..

Arti ASMR


ASMR adalah singkatan dari Autonomus sensory meridian response .  ASMR adalah terjadinya perasaan atau sensasi geli seperti kesemutan pada kulit saat mendengarkan atau melihat sesuatu yang membuat rangsangan pada saraf. Biasanya sensasi tersebut awalnya dirasakan pada bagian kepala, kemudian bergerak ke bagian leher.

Menurut Penulis amerika jennifer allen, kata kata tersebut bisa diuraikan yang artinya :

Arti Asmr


Autonomus - Spontan, yaitu memerintah diri dengan atau tidak dengan kontrol
Sensory - sesuatu yang berkaitan denngan indera / sensorik
Meridian - menandakan puncak, klimaks, atau perkembangan tertinggi.
Response - Respon / pengalaman yang memicu sesuatu .


Macam Macam ASMR


ASMR punya jenis / Macam macamnya, bagi yang ingin mendengarkan atau mencoba membuat video ASMR nih wajib tau.

  • Mendengarkan bicara yang halus atau suara bisik bisik.
  • Mendengarkan suara yang tenang yang berulang ulang, seperti suara membalik lembar buku.
  • Melihat dan mendengarkan sesorang melakukan sesuatu yang dilakukan dengan tenang.
  • Mengunyah, mengkrenyes (crunch), mensruput, atau menggigit makanan dan minuman atau sering disebut sebagai ASMR eating.
  • Memberi rangsangan pada fikiran sehingga menimbulkan memanipulasi kesadaran (conscious manipulasi) orang tanpa perlu dengan video dan audio yang berlebihan
  • Mendengarkan ketukan jari pada permukaan plastik, logam, atau kayu.
  • Menggerakkan tangan pada kamera (seakan akan itu adalah wajah orang)

Penggunaan ASMR / Manfaat ASMR


apa itu asmr
Kakek sapa ni maen ASMR?

Dulu, setau gue asmr digunakan untuk orang yang depresi atau Insomnia , Ketika mereka mendengarkan ASMR tertentu, otak mereka akan merasa lebih tenang, dan akhirnya depresi bisa berkurang dan insomnia hilang.

Tetapi saat ini video ASMR bertebaran di Youtube. Bahkan tidak sedikit video video ASMR yang mencapai puluhan juta view. Sering juga kita bertanya kenapa video ASMR tersebut mendapatkan begitu banyak penonton, apakah banyak orang stres dan insomnia di dunia ini? Lalu mengapa orang sekarang cenderung mendengarkan ASMR?.

- Menenangkan fikiran, sehingga stres berkurang.
- Meningkatkan kelancaran aliran darah.
- Memperbaiki mood / Suasana hati
- Sebagian besar wanita percaya ASMR juga bisa mengurangi berat badan karena hilangnya stres.

Baca juga : Arti Mukbang dan BJ , Trend mendunia korea

ASMR Buat gue pribadi


Buat gue sih terkadang video ASMR memang menenangkan buat didengar dan dilihat, tapi terkadang juga menjijikkan, beberapa contohnya bisa kita lihat pada saat ASMR makanan, tapi jorok gimana gitu.

Gue terkadanng dengar ASMR, terkadang untuk ngerasain perasaan geli di kuping doank wkkwkw, kalau ngurangin stres atau ngehilangin insomnia, gue lebih milih denger musik atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan agama.

Kesimpulannya ASMR sih selera masing masing, ada juga orang yang tambah pening jika dengarin ASMR, katanya lebih tenang dengar suara orang ngaji dan itu emang bener banget. Lalu, Apa ASMR menurut kalian?

Oh ia, buat video ASMR juga butuh skill, bukan cantik / ganteng doank. Soalnya gue pernah liat channel youtube ASMR, ada ibu ibu kulit hitam *ngga ngejudge* tapi punya subscriber hampir 3 juta. Dan jumlah viewer videonya itu banyak banget. ya, mungkin Profesional itu tak perlu penampilan.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Autonomous_sensory_meridian_response

Belum ada Komentar untuk "Apa itu ASMR? Berikut arti ASMR, Macam dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel