Beda Hantu, Jin, Setan, Iblis, dan Dajjal menurut islam

Apa arti dan perbedaan hantu, jin, setan, iblis serta dajjal menurut islam. Serta bagaimana pengertian diatas jika didefinisikan? Berikut artikelnya!

Pengertian Hantu, Jin, Setan, Iblis dan Dajjal


Kata diatas sering didengar sebagai hal yang menakutkan dan dihindari oleh para manusia, walaupun ada juga beberapa yang memburu dan mencoba menangkap keberadaan mereka dalam kamera.

Tapi tahukah kita, apa sebenarnya arti hanti, jin, setan, iblis dan dajjal, serta apa beda dari ke-5 makhluk tersebut dalam Bahasa arab ataupun menurut islam?

Arti Hantu


ilustrasi hantu
ilustrasi Hantu

Karena Hantu tidak dijelaskan dalam islam. Menurut saya, hantu adalah setiap makhluk halus yang tidak bisa tampak dengan kasat mata. Makhluk tersebut bisa berbentuk manusia yang telah meninggal, binatang, tempat, ataupun sesuatu yang tidak kita kenali rupa dan bentuknya.

Kuntilanak, pocong, tuyul, genderuwo, dan lain lain merupakan hantu yang dikenal di Indonesia.

Arti Jin


Masjid Jin di makkah 

Jin dalam bahasa arab berasal dari kata janna, yaitu bersembunyi atau seseuatu yang tersembunyi. Maka dari itu Jin tersembunyi dari mata zhahir manusia.

Jin dalam islam ada 2, yaitu jin muslim dan jin kafir. Sama seperti halnya manusia di Dunia. Jin juga memiliki nafsu, berkawin(menikah), memiliki anak serta tempat tinggalnya masing masing.

Arti Setan / Syaithon


Dalam bahasa arab, syaithon adalah kata sifat. Seperti yang dijelaskan Dr. Umar sebagai berikut.

الشيطان في لغة العرب يطلق على كل عاد متمرد
"Setan itu secara bahasa arab, adalah semua makhluk yang menentang dan melawan (perintah Allah)"
(Kitab Alamul Jinni was syayathin karangan Dr. Umar Sulaiman)

Dari penjelasan diatas, saya mengambil kesimpulan bahwa setiap makhluk bisa dikatakan setan, termasuk manusia, jika perilakunya melawan dan menentang.

Arti Iblis

ilustrasi Iblis
ilustrasi Iblis yang mengawasi anak buahnya


Menurut islam, Iblis hanya ada satu. Yaitu dia yang tidak mau patuh ketika disuruh sujud kepada Nabi Adam (liat Quran surah baqarah ayat 30)

Iblis ini adalah ketua dari para Jin yang jahat, dia jugalah yang disembah oleh orang yang menamakan diri sebagai penyembah setan. Dan tugasnya ialah menyesatkan sebanyak banyak makhluk untuk menjadi temannya di alam neraka kelak.

Arti Dajjal


ilustrasi dajjal
ilustrasi rupa Dajjal

Dajjal seperti yang kita tau, merupakan musuh Nabi Isa as. pada akhir zaman nanti. Dia memimpin 70 ribu pasukan yahudi dari iran, beserta bala tentara lainnya.

Nah, apa hubungannya Dajjal dengan Setan dan Iblis? . Diceritakan dalam banyak riwayat hadis, bahwa dajjal akan memimpin para setan dan jin ini untuk memperdaya dan menipu manusia. Singkatnya, dajjal membutuhkan setan,iblis,dan jin untuk menipu para manusia agar menganggapnya sebagai tuhan.

Apakah dajjal seorang manusia atau Jin/hantu? Dajjal merupakan manusia, tentunya bukan seorang manusia biasa, Seperti yang diceritakan, dia dilengkapi dengan mukjizat nabi Isa, seperti menghidupkan orang mati, serta menyembuhkan penyakit, serta keistimewaan lainnya.

Kalau ingin lebih tau Tentang dajjal, baik bagaimana bentuk dan wujudnya, serta tipu muslihat apa yang akan diperbuatnya, Saya sarankan pergi ke youtube.com lalu cari Ustad Zulkifli M. Ali Lc.. Penjelasan beliau sangat mudah diterima bagi orang awam (yang belum tau) ataupun bagi orang yang ingin menambah ilmunya.

Semoga dengan adanya artikel ini wawasan kita bertambah, Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa di share ya .

Belum ada Komentar untuk "Beda Hantu, Jin, Setan, Iblis, dan Dajjal menurut islam"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel