Arti Bani dan Bunayya dalam Bahasa Arab serta Contoh

Apa arti dan Maksud Bani dalam bahasa arab ? Kata bani sering sekali ditemui, apalagi menjelang pilpres, serta apa hubungannya dengan kata bunayya yang sering didengar dalam Al-Qur'an?

Arti Bani dan penyalahgunaannya.


Bani artinya Keturunan, Anak cucu, ataupun golongan (jarang dimaksudkan / terjemahan lemah)

Penggunaan kata Bani sering disalahgunakan untuk mengejek suatu kelompok di Indonesia. Seperti yang sering kita lihat pada saat menjelang pilkada jakarta : ahok vs anies . ataupun pada saat pilpres 2019 Jokowi vs Prabowo.



Banyak komentar di media sosial seperti Instagram , Whatsapp, bahkan facebook menyebutkan bani cebong, bani kampret, dan lain lain. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan, karena merupakan ejekan untuk satu golongan tertentu.

Pada arti awalnya, Bani adalah sebutan bagi suatu kaum dan keturunan, Contohnya di zaman rasul ada bani hasyim - keturunan hasyim. Berikut beberapa contoh bani atau penggunaannya :

Bani Abbasiyah = Keturunan abbas (Pemerintahan)
Bani Umayyah = Keturunan Umayyah (pemerintahan)
Bani Jawi = Keturunan jawa
Bani Hasyim = Anak cucu hasyim
Bani Quraisy = Golongan (suku) Quraisy

Dari kata bani, turunan katanya adalah Bunayya yang artinya anak. Bunayya tidak hanya sekadar panggilan yang berarti anak. Tetapi ada unsur kelemah lembutan dalam kata Bunayya, sehingga para nabi dalam alquran, selalu memanggil anak mereka dengan sebutan Ya Bunayya (wahai anakku)

Semoga wawasan kita bertambah dengan artikel arti dan maksud bani ini, jika ada yang ingin ditanya silahkan berkomentar ya..

2 Komentar untuk "Arti Bani dan Bunayya dalam Bahasa Arab serta Contoh"

  1. Bani adalah keturunan atau anak cucu. Kalau Bani diperuntukkan untuk anak cucu seorang ibu. Misal Bani Tariyam. Apa boleh? Atau harus menggunakan nama seorang ayah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sepengetahuan saya, belum ada penamaan kelompok / suku arab atas nama perempuan. maka dari itu di jaman arab jahiliah (sbelum rasul), kelahiran perempuan dianggap aib dan kelahiran anak lelaki dianggap berkah.

      2. apa harus menggunakan nama seorang ayah?

      Tidak harus , bisa menggunakan nama kakek / laki" dari silsilah keluarga. Rasul merupakan bani hasyim, yang mana hasyim merupakan ayahnya abdul mutholib (kakek rasul).

      Semoga terjawab

      Hapus
Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel