Arti Ta'aruf dan Pacaran hingga Arti Khitbah

Apa Pengertian Ta'aruf, lalu apa pula pengertian pacaran dan bedanya dengan ta'aruf. Dalam tahapan selanjutnya adapula yang dikatakan Khitbah, Apa Arti ketiganya secara bahasa dan istilah? . Yuk simak bareng...

Pengertian Ta'aruf


Ta'aruf artinya pengenalan, Ia berasal dari kata 'Arafa yang artinya kenal. Jika menurut ilmu sharaf, menurut saya ta'aruf lebih tepat diartikan sebagai Saling mengenal.

Menurut istilahnya, Ta'aruf adalah Pengenalan yang dilakukan antara lelaki dan wanita, yang dengan pengenalan tersebut diharapkan adanya kecocokan, hingga berlangsung pada pernikahan.

Tentu saja dari segi agama, Ta'aruf lebih disarankan, dianjurkan dan diperintahkan. Karena lebih menjaga marwah ataupun harga diri seorang wanita.

Ta'aruf bisa dilakukan jika kedua pihak, baik lelaki dan perempuan mau untuk melakukan Ta'aruf. Dan jika mereka merasa cocok, akan terjadilah khitbah, yang akan dijelaskan di bawah nanti.

Pengertian Pacaran 


KTP Anti pacaran


Pacaran menurut Kamus Bahasa indonesia adalah Proses perkenalan antara dua insan manusia yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan.

Sedangkan menurut gue sendiri, Pacaran itu berarti hubungan dua orang yang telah memutuskan bahwa mereka berbagi perasaan romantis atau perasaan seksual satu sama lain.

Pacaran itu dianggap sebagai perkenalan, hingga Latihan untuk pernikahan nanti, agar bisa punya pengalaman 'agar tidak kaku' jika sudah menikah nanti.

Lalu Apa Perbedaan Pacaran dan Ta'aruf


1. Pacaran sering dianggap islam sebagai pintu maksiat, karena membuka lebar kesempatan untuk melakukan zina.

2. Pacaran sangat sering tidak berlangsung lama, alias hanya sebatas kesenangan sementara saja. Singkatnya banyak yang pacaran dengan orang ini, tetapi menikahnya dengan orang itu. Sedangkan yang memilih ta'aruf kebanyakan melangsungkan pernikahan.

3. Ta'aruf adalah anjuran dan sunnah nabi, sedangkan pacaran adalah tradisi dan budaya barat.

4. Ketika Ta'aruf, kita merasa tidak cocok dengan pasangan tersebut, bisa menyudahi ta'aruf tersebut dengan mudah tanpa ada pihak yang sakit hati. Sedangkan pacaran sangat susah untuk diakhiri, dan jika berakhir, maka yang tersisa ialah rasa sakit hati.. *ahemm

Lalu apa pula Pengertian Khitbah?


ilustrasi khitbah

Khitbah satu akar kata dengan Khutbah, arti asalnya ialah Ucapan. Dalam konteks Khitbah, ia berarti Peminangan karena Menyampaikan Ucapan bahwa seorang lelaki yang sudah melakukan ta'aruf tadi, Ingin meminang wanita tersebut untuk dijadikan istri.

Apa guna Khitbah? Manfaatnya agar wanita tersebut tidak ditikung orang, alias diambil orang lain. Karena Nabi sendiri melarang meminang wanita yang telah dipinang.

Khitbah dan Ta'aruf mempunyai Kaitan yang erat, karena tentu saja kita harus mengenal bagaimana sosok wanita yang akan dinikahi nanti dengan ta'aruf, ketika merasa cocok, maka dilakukan khitbah yang insya Allah akan berlanjut di jenjang pernikahan. (asekk)

Semua pilihan masing masing, Antara Ta'aruf dan pacaran, yang mana pilihan kalian?

Belum ada Komentar untuk "Arti Ta'aruf dan Pacaran hingga Arti Khitbah"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel