Arti Kata Tahnik pada Bayi dalam Islam dan Bahasa Arab

Apa itu Tahnik pada Bayi yang baru lahir? . Berikut arti kata Tahnik menurut islam dan Bahasa arab, beserta Manfaat dan Contohnya.

Arti Kata Tahnik


تَحْنِيكِ / Tahnik Adalah Tradisi Islam untuk memberikan kurma, madu, ataupun perasan kurma pada Bayi yang baru lahir.

Tahnik berasal dari Bahasa Arab حنك Hanak yang berarti langit-langit, Jamaknya disebut احناك Ahnak. Mengapa kok langit langit?

Kan bayi belum ada giginya, jadi kurma yang digigit sangat halus ataupun madu diberikan dengan cara disapu sapu ke langit langit mulut bayi. Gitu lho....!!

Tahnik adalah Salah satu sunnah nabi, yang disebutkan dalam berbagai hadits Shahih, salah satunya berada dalam kitab Shahih Muslim di Bab Etika (Kitabul Adab). Jadi bukan merupakan karangan (bid'ah).

Biasanya sebelum dihaluskan, kurma tersebut direndam dengan air zam zam.

Manfaat  Tahnik


Tahnik biasanya dilakukan oleh orang tua anak tersebut, ataupun orang shalih, tujuannya agar anak tersebut mendapatkan berkah dan menjadi orang yang shalih juga disaat dewasanya.

Tahnik tidak berbahaya secara medis, Bahkan punya banyak manfaat  seperti menguatkan lidah dan mulut bayi, dan lain lain.





Video Diatas adalah salah satu contoh tahnik memakai kurma yang dilakukan oleh Habib Umar bin Hafidz. Beliau merupakan salah satu Ulama yang dikenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Biasanya orang orang islam dahulu, meminta Rasulullah untuk mentahnik anak anak mereka yang baru lahir, maka setelah rasul wafat, Para sahabat dan Orang orang shalih pun diminta untuk mentahnik, Seperti contoh Tahnik habib umar, ataupun tahnik Ustad / Ulama lain yang dapat kalian cari videonya di youtube.

Belum ada Komentar untuk "Arti Kata Tahnik pada Bayi dalam Islam dan Bahasa Arab"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel