Arti Mokel, Mokah dan Tempus dalam bulan Puasa

Arti kata Mokel ataupun mokah yang selalu menjadi bahan pembicaraan bagi anak muda-dewasa pada saat bulan puasa. Oh ia, ada juga lho namanya Tempus, Apa artinya?

Mokel dan Mokah


Mokel dan mokah mempunyai arti yang sama, Yaitu Berbuka puasa di siang hari dengan sengaja (bukan dengan alasan sakit dll), Dan biasanya dilakukan dengan diam diam.

Sebenarnya banyak yang datang ke blog ini, udah tau arti mokel dan mokah. Yang kalian ingin tau dari bahasa manakah mokel dan mokah ini berasal, iya kan ?

Mokel dan Mokah itu dua duanya berasal dari bahasa jawa.  Kalau mokel ini, bahasa jawanya itu umum, hampir semua orang jawa tau. Sedangkan mokah ini hampir ke bahasa jawa ngapak ya sepertinya.
Warteg Bertirai untuk orang Mokel.. ?

Tentu Mokel dan mokah adalah perbuatan dosa, Pak ustad sering bilang bahwa yang hanya tau kita itu sedang berpuasa adalah diri sendiri dan sang ilahi, jadi ga ada yang tau seseorang itu mokel atau enggak.

Mokel di Medan


Di medan, kami tidak mengenal mokel ataupun mokah. Melainkan Tempus, yang merupakan singkatan dari TEMbak PUaSa.

Banyak anak anak nakal berbuka puasa di siang hari (tempus), biasanya karena lelah bermain bola, ataupun cuma dengan alasan lapar saja, dan kebanyakan dari mereka adalah anak bandel di warnet.

Iya sih, gue dulu main selalu ke warnet, tapi ogah banget Mokel/tempus di warnet. Gara gara satu aqua gelas doank mah, 5 menit kemudian haus dan lapar lagi. Yaa, lebih baik ditahan dah. Walaupun godaan tu banyak banget.

Tentu saja kita punya banyak pengalaman melihat orang mokel, Baik itu ketika sekolah di bulan puasa dan melihat teman yang mokel / makan nasi dan minum aqua di kamar mandi.

Tentu saja hal itu membuat hati ngakak dan geli sendiri,  Kalau kalian gimana pengalaman kalian menahan Lapar dan haus ketika disekitar kalian ada orang yang Mokel?

Belum ada Komentar untuk "Arti Mokel, Mokah dan Tempus dalam bulan Puasa"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel