Apa itu Autis? Arti kata Autis dan Penjelasannya

Istilah Autis atau Autisme sudah dikenal di Indonesia Sejak tahun awal tahun 1990-an. Tetapi Apa itu autis dan Apa Arti Autis yang sering disebut di masyarakat ?

Arti Kata Autis


Apa itu Autis ? Adalah sebuah penyakit Kelainan pada sistem syaraf otak yang mengganggu kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dari pengidap autis tersebut.

Pengertian autis memang lebih mudah difahami jika kita tau Tanda tanda dari Orang yang mengidap penyakit tersebut. berikut Tanda tanda Autisme yang umum/mudah diketahui : 

1. Terlambat dalam memahami bahasa/ perkataan orang lain dan berbicara. 
2. Bahasa yang digunakan cenderung aneh dan sering diulang ulang.
3. Tidak berbagi empati (maksudnya sulit berbagi apa hal yang mereka suka(hobi), kesenangan, apa yang dibenci, dll.
4. Punya banyak energi (cenderung aktif, bahkan hiperaktif )

Arti kata Autis
Anak Autis suka permainan yang diulang" seperti menyusun sesuatu(kanan atas)
ataupun menyusun dari yang tinggi ke rendah (kiri) dan  Ilustrasi Hiperaktif Autis (kanan bawah)

Ada yang ke blog ini pengen nanya ' Bang, biasanya kan elu ngejelasin pengertian secara gaul, Nah, Apasih Arti autis secara gaul? Jelasin donk?.'

Ya, saya akan ngejelasin hal tersebut dibawah ini. Jadi baca dan fahami baik baik yaaaaaaaaaaa...

Penyalahgunaan Kata Autis 


Dalam bahasa gaul, Terkadang kita menggunakan kata Autis untuk menyebut orang yang bertingkah berlebihan, Iya kan?. Seperti teman kita yang pada hari itu bertingkah Aneh dan super bersemangat, Iya kan ?

Sebenarnya hal tersebut adalah kejahatan dalam penggunaan Bahasa. Dan hal ini telah ditulis dan dikecam oleh beberapa tokoh, dan blogger di Indonesia, dan bahkan ada kasus yang berlanjut di jalur hukum.

Contohnya saja ketika H. Maruf amin berkampanye, ia menyebutkan kata Buta-Budek . Walaupun maksudnya ialah tidak secara fisik, tetapi secara lahiriah (buta hati), tetapi ia sempat hampir dilaporkan ke polisi oleh Forum tunanetra.

Jika kita berbicara di depan umum (kecuali dalam *forum tertentu), maka jangan gunakan kata budek/tuli tetapi tuna Rungu. jangan gunakan kata Buta, tetapi tunanetra.

Baca juga : Arti TunaWisma , Tunakarya , Tunadaksa

Sama halnya ketika kita mengucapkan Autis untuk menyebut dan mengungkapkan orang orang Normal yang perilakunya terlihat seperti orang autis.

Kata Autis tersebut berbentuk Sarkasme, tetapi jika diucapkan di tempat dan situasi yang salah, bisa saja kita berakhir di penjara. Jadi berhati hati ya, Apalagi sekarang jamannya ciduk. Salah dikit dilapor polisi dan masuk penjara.

Yang lebih penting, penggunaan kata Autis untuk orang normal itu menyinggung keberadaan pengidap autisme di Indonesia. Membuat momok seakan akan mereka (pengidap autis) itu harus dihindari.

Penyalahgunaan arti kata autis ini sering kali kita jumpai di sinetron MURAHAN indonesia. Contoh: 'Dasar Autis lo, 'males temenan ama Autis, dan biasanya kalimat tersebut diakhiri efek suara ketawa .

Apa tujuan saya nulis penyalahgunaan kata autis ini? Supaya pembaca dan teman teman saya tau, dan mudah mudahan berhenti menggunakan kata ini sebagai Lawakan.

Cheers, Terimakasih sudah membaca, Mudah mudahan wawasan dan pengetahuan kita semua bertambah. Assalamualaikum.

* Maksud forum tertentu : Forum agama, bercandaan sesama teman, forum diskusi ilmiah.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Autis? Arti kata Autis dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel