Apa itu Joki 3 in 1 - Arti Kata Joki dan Penjelasan

Apa itu Joki 3 in 1 (Three in One) -  Berikut Arti Joki 3 in 1 Serta penjelasan mudahnya.

Pertama kita harus tau dulu apa itu joki. Joki menurut Kamus bahasa indonesia adalah 'Orang yang menunggang Kuda pacuan' . dan sangat berbeda dengan arti yang akan dijelaskan dibawah.

Joki dalam konteks 'joki 3 in 1' adalah Orang yang membantu orang lain dengan mendapatkan bayaran ataupun imbalan yang telah ditentukan.

Macet Jakarta - Joki 3 in 1 artinya
Ilustrasi macet

Sedangkan 3 in 1 ( baca: Three in One) adalah peraturan di jakarta bagi kendaraan Roda 4 (Mobil) untuk mengangkut minimal 3 orang dalam satu mobil tersebut, sebagai cara untuk mengurangi kemacetan  lalu lintas di jalur jalur tertentu di ibukota.

Kasus : Banyak orang yang pergi kerja dengan mobil, berangkat di pagi hari tidak membawa siapapun di dalam mobilnya. Karena hal tersebut, mereka tidak bisa melewati jalur yang telah diberi peraturan 3 in 1 tersebut, yaitu karena tidak ada 3 orang dalam mobil.

Maka dari itu, Joki atau orang yang ingin dibayar karena membantu si Pemilik mobil tadi, menawarkan diri dengan berdiri di jalan sebagai tanda bahwa mereka siap membantu asal ada upah atau imbalan dari si Pemilik mobil, ( Joki biasa dibayar 5 - 15 ribu per orang sekali angkut)

Peraturan 3 in 1 ini sempat dihapus oleh mantan Gubernur Basuki Tjahaya purnama (Ahok) karena dinilai tidak mengurangi kemacetan sama sekali. Walaupun menurut banyak pakar, setelah 3 in 1 dihapuskan kemacetan jakarta naik puluhan persen.

Tetapi hal tersebut bukanlah masalah lagi, karena Gubernur baru Anies baswedan telah meresmikan Sistem Ganjil genap sebagai Pengganti dari peraturan 3 in 1 tersebut .

Jadi jika ada yang bertanya apakah Sistem Joki 3 in 1 masih diberlakukan ? Jawabannya Tidak, karena telah diganti dengan sistem ganjil genap.

'Terimakasih telah membaca, jika ada koreksi ataupun tanggapan, Mohon berkomentar dengan sopan. ^ ^

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Joki 3 in 1 - Arti Kata Joki dan Penjelasan"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel